Friday, October 16, 2009

Ergonomi

Ergonomi

Definisi Ergonomi

Ergonomi berasal dari kata Yunani yaitu ergon yang berarti kerja dan nomos yang berarti aturan / hukum jadi ergonomi merupakan aturan-aturan yang dipakai untuk kerja. Definisi menurut Suma’mur adalah ilmu menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap orang atau sebaliknya guna tercapainya produktivitas dan efisiensi setinggi-tingginya melalui pemanfaatan faktor manusia seoptimal-timalnya. Menurut Tarwaka Ergonomi adalah ilmu, seni dan penerapan teknologi untuk menyerasikan atau menyeimbangkan antara fasilitas (beraktivitas / istirahat) dengan kemampuan dan keterbatasan manusia baik fisik / mental sehingga kualitas hidup menjadi lebih baik. International Ergonomics Association mendefinisikan ergonomi merupakan studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain perancangan untuk optimasi, efisiensi, kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan di tempat kerja di rumah dan tempat rekreasi.

Tanpa ergonomi maka ketidaknyamanan dalam bekerja akan terasa, biaya tinggi, kecelakaan dan penyakit akibat kerja tinggi dan akan mengakibatkan pula rendahnya efisiensi dan daya kerja. Ergonomi dapat diterapkan dimana saja baik di lingkungan rumah, perjalanan, lingkungan sosial / tempat kerja. Ergonomi harus dapat diterapkan di lingkungan kerja atau manapun karena untuk mendapatkan kenyamanan, kesehatan, keselamatan dan produktifitas kerja yang optimal.

1 comment:

Danar Bowo said...

Met Sore Mas... !
Btw Anda dpt Rumus FTE & Rumus Produktivitas dr buku siapa? (nama pengarang, judul buku & penerbit)
Tlg sy kasih tau cz sy sedang Menyususun Proposal KTI dgn Judul "Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja di Urusan Rawat Jalan RSJD Surakarta 2010"
Sy tunggu balasan dr Anda secepatnya cz bsok Senin sy sdh maju sidang Proposal.
Thanks. Danar-Solo